Rabu, 21 April 2010

dari gelap menuju terang..(RA Kartini)

Kami beriktiar supaya kami teguh sungguh, sehingga kami sanggup diri sendiri. Menolong diri sendiri. Menolong diri sendiri itu kerap kali lebih suka dari pada menolong orang lain. Dan siapa yang dapat menolong dirinya sendiri, akan dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna pula. (Suratnya kepada Nyonya Abendadon, 12 Desember 1902)

Sungguh sebuah pemikiran besar yang muncul pada masa itu. masa di mana para wanita masih dianggap belum setara dengan pria.

Banyak pemikiran hebat yang ditulis oleh RA Kartini dalam bentuk surat-surat namun ketika membaca tulisan di atas aku langsung jatuh cinta. Pemikiran RA Kartini tersebut menurutku jika disandingkan dengan kondisi saat ini tidak hanya ditujukan untuk kaum hawa namun juga sesuai bagi kaum adam . Mengajarkan sebuah ketegaran dan untuk selalu berdiri tegak menghadapi setiap jalan hidup yang dituliskan oleh-Nya.

Melalui tulisan itu bisa dibaca bagaimana sebenarnya sosok RA Kartini, begitu tangguh..pantang berputus asa..

Sikap seperti inilah yang harus kita teladani dari beliau, untuk kehidupan di masa kini yang semakin tak terkendali. Selama ini pada 21 Maret, yang kita peringati sebagai Hari Kartini, seringkali kita beramai-ramai menggaungkan kata emansipasi namun alangkah indahnya jika kata tersebut dibarengi dengan meneladani sifat-sifat agung Beliau.

Setiap orang akan berusaha sekuat tenaga menghayati dan menekuni liku hidupnya, memberikan yang terbaik, saling berlomba menjadi yang paling bermanfaat bagi yang lain.

SELAMAT HARI KARTINI WANITA INDONESIA!!!

1 komentar:

matur nuwun for reading my post..wait for your comment ya..^^